Denda Rp 99 Miliar Untuk Palsu Diskon Penjual PC

admin

Perusahaan komputer Dell Australia didenda A$10 juta (sekitar Rp99,8 miliar) oleh Australian Competition and Consumer Commission (ACCC).

Denda tersebut dijatuhkan karena ditemukan bahwa Dell Australia “membuat pernyataan palsu dan menyesatkan di situsnya tentang potongan harga jika monitor dibeli sebagai add-on”.

Iklan yang menyesatkan mengklaim bahwa Anda bisa mendapatkan monitor dengan harga lebih murah jika Anda membelinya sebagai add-on.

Teks promosi ini mencakup “Aksesori populer tersedia dengan harga terendah saat dibeli dengan produk ini ” atau “diskon x persen “tidak terlihat.

Bahkan, harga diskon tersebut lebih tinggi dari harga monitor yang biasa ditawarkan Dell. Monitor dapat dibeli secara terpisah dengan harga lebih murah.

Dengan “diskon tiruan” ini, Dell Australia dilaporkan menjual 5.300 monitor. Total kerugian konsumen dari Agustus 2019 hingga Desember 2021 melebihi A$2 juta (Rp19,9 miliar).

Komisi Persaingan dan Konsumen Australia mengajukan gugatan terhadap Dell Australia pada November 2022. Kemudian, pada Juni 2023, KPU mengajukan pernyataan tertulis yang diajukan ke MK.

Pernyataan tersebut menjelaskan diskon palsu yang menipu pembeli agar percaya bahwa monitor Dell akan lebih murah jika dibeli sebagai add-on.

Untuk detail selengkapnya, kunjungi situs web Dell Australia untuk daftar monitor Dell yang direkomendasikan oleh situs tersebut. Menu di layar dimuat langsung di bawah produk komputer seperti desktop game.

Setiap layar menampilkan informasi harga seperti harga terendah (harga sudah diskon) dan harga tertinggi dengan garis gores (harga awal). Kemudian di sebelah kanan nomor tersebut ada tombol “Tambahkan “.

Diskon Ars Technica palsu dari Dell Australia. Ini memberi kesan kepada pembeli bahwa jika mereka langsung menekan tombol tambah, monitor akan lebih murah dari harga ecerannya.

Padahal, angka bertanda X biasanya bukan harga layarnya. Selain itu, harga “diskon” masih lebih tinggi dari yang biasanya ditawarkan Dell Australia.

“Dalam beberapa kasus, konsumen membayar lebih untuk monitor ekstra yang diiklankan sebagai ‘diskon’,” kata Komisaris ACCC Lisa Carver dalam sebuah pernyataan di bulan Juni. Harganya terjangkau. Mengesankan.”

ACCC mengklaim bahwa Dell Australia “Dapatkan harga terbaik untuk aksesori populer saat Anda membelinya dengan produk ini”, “termasuk diskon x%” dan ” Dia menambahkan bahwa dia sering menggunakan istilah yang menyarankan penghematan, seperti jumlah yang dihemat”.

Menurut ACCC, Dell Australia mengaku menaikkan diskon konsumen karena monitor sudah lama tidak dijual dengan harga diskon.

Perusahaan teknologi itu melanggar hukum konsumen Australia.

Carver juga menjelaskan bahwa keputusan menggugat Dell Australia dilakukan karena konsumen mengandalkan informasi yang akurat mengenai harga dan diskon ketika ingin membeli sesuatu.

Dell Australia sekarang diperintahkan oleh Pengadilan Federal Australia untuk mengembalikan sebagian atau seluruh uang kepada pembeli yang tidak puas.

ACCC mengatakan Dell telah mulai menjangkau pelanggan tentang proses penggantian.

Seorang juru bicara Dell bersikeras perusahaan akan membayar konsumen ekstra dan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan proses penetapan harganya untuk memastikan bahwa kesalahan ini tidak terulang kembali.

Dell tidak menentukan langkah-langkah yang tepat, tetapi kami mengetahui Juni lalu bahwa pengadilan federal Australia memerintahkan Dell untuk mempekerjakan pakar kepatuhan independen.

Mengenai semua masalah ini, juru bicara Dell mengatakan dapat memfokuskan kembali pada layanan pelanggan di Australia.

Seorang juru bicara Dell, dikutip Kamis (17 Agustus 2023) oleh KompasTekno Ars Technica, mengatakan, “Kami senang masalah ini berlalu. Sekarang kami kembali fokus melayani pelanggan kami di Australia.”

“Seperti yang diakui ACCC saat meluncurkan gugatannya pada November 2022, terdapat kesalahan dalam proses penetapan harga produk di situs web Dell Australia.”

“Akibatnya, website kami menampilkan informasi yang salah mengenai harga dan diskon pada beberapa monitor Dell,” tambahnya.

Masalah diskon “hantu” tidak eksklusif untuk Dell Australia.

Menurut situs berita teknologi Ars Technica, banyak penjual menawarkan diskon untuk laptop dan monitor di situs web mereka bahkan sebelum produk dirilis.

Pasar online penuh dengan produk yang menawarkan diskon terlepas dari harga eceran untuk produk yang berusia bertahun-tahun.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tags

Leave a Comment