Webinar Universitas Ciputra dan RMI Bahas UMKM dan UU Ciptaker, Pemuda Diminta Kreatif dan Inovatif

  • Whatsapp
Universitas Ciputra dan RMI

Jakarta– Universitas Ciputra bekerjasama dengan Rumah Milenial Indonesia (RMI) mengadakan Seminar Nasional secara virtual dengan tema “Pemuda, UMKM dan Undang-Undang Cipta Kerja“, Rabu (28/10).

Kegiatan yang dimoderatori oleh Yanuserius Zega (Koordinator Pengembangan UMKM RMI) ini, dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda.

Bacaan Lainnya

Seminar ini pun membahas bagaimana kondisi perekosUnomian dan UMKM di masa Pandemi Covid-19, dan kaitannya dengan UU Cipta Kerja yang baru disahkan.

Dalam sambutan pembukaan, Viktor Effendi (Wakil Rektor Universitas Ciputra Bidang Pengembangan SDM) menyampaikan, dengan semangat yang pernah dilakukan oleh pemuda Indonesia 92 tahun yang lalu, pemuda Indonesia saat ini dengan antusias juga harus mendorong inovasi.

Menurut Viktor, para pengusaha, para entrepreneur, serta para pekerja dengan adanya UU Cipta Kerja ini, diharapkan dapat saling bekerja sama untuk keadilan dan kehidupan yang lebih baik.

“Sekarang zamannya inovasi, zamannya suatu negara berlomba-lomba menciptakan inovasi. Jangan sampai negara kita tertinggal hanya karena masih mengurus hal-hal yang tidak perlu kita urus dan perdebatkan. Mari kita bersama-sama dengan semangat sebagai satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa, kita bersama-sama mendorong inovasi. Kita melihat terus harapan dan peluang serta berjuang menghadapi tantangan ke depan,” ujarnya.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang diwakili oleh Staf Ahli Hubungan Antar Lembaga Kementerian UMKM, Luhur Pradjarto mengatakan, manfaat UU Cipta Kerja terhadap UMKM, diantaranya mendorong penciptaan lapangan kerja dan memudahkan pembukaan usaha baru.

Selain itu, kata dia, manfaat lainnya adalah mendorong upaya pemerintah dalam pemberantasan korupsi dengan menyederhanakan, memotong, dan mengintegrasikan ke dalam sistem perizinan secara elektronik. Sehingga pungutan liar dapat dihilangkan, serta bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional, khususnya dalam mendorong terciptanya transformasi ekonomi.

www.domainesia.com

Pos terkait