Tidak Terbuka, PPPM Minta Camat Bosar Maligas dan Kepdes Mayang Publikasikan Daftar Penerimaan Bansos dan BLT

Simalungun-Persatuan Persaudaraan Pemuda Mayang (PPPM) menilai dalam proses Pembagian Bantuan Bansos dan BLT pada masa pandemi Covid-19 tidak transparan.

Koordinator PPPM, Hizkia Ronaldus Silalahi mengatakan, pembagian bantuan Sembako Pemkab, BLT Kemensos, dan BLT Dana Desa telah berjalan di seluruh Kabupaten Simalungun, termaksud Kecamatan Bosar Maligas.

“Namun dari 3 kali pembagian bantuan tersebut, tidak ada 1 lembar kertas pun ditemukan di papan pengumuman,” beber Hizkia kepada awak media, Sabtu (23/5).

Sambung dia lagi, mereka sudah meninjau salah satu Kantor Kepala Desa yaitu kantor kepala desa Nagori Mayang. Namun tidak ditemukan 1 kertas pun yang melampirkan nama-nama penerima bantuan bansos maupun BLT.

Pada saat PPPM menanyakan kepada Kepala Desa Mayang agar daftar nama-nama penerima bantuan diperlihatkan dan dipublikasikan, beliau tidak ingin memperlihatkannya. sebab kata beliau, itu adalah perintah dari Camat Bosar Maligas agar tidak dibuka.

“Ketika kami ingin mengkonfirmasi kepada pak camat dikantornya, camat langsung mengatakan kalau kami membuat ribut. Serta menanyai SK dan Surat Tugas, padahal data-data tersebut seharusnya dapat diketahui oleh seluruh masyarakat,” pungkas mantan Kepala Bidang Akspel GMKI Siantar-Simalungun ini.

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, PDTT RI No 6 Tahun 2020 Tentang perubahan atas peraturan Menteri Desa, PDTT No 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, prioritas pembangunan desa wajib dipublikasikan oleh pemerintah desa kepada masyarakat desa di ruang publik yang dapat diakses masyarakat desa. Serta Presiden telah meminta agar data penerima bansos transparan.

“Kami (PPPM) meminta Camat Bosar Maligas dan Kepdes yang ada di Bosar Maligas terkhusus Kepdes Mayang agar mempublikasikan data-data penerimaan bantuan Bansos, BLT Kemensos dan BLT Dana Desa,” tegas Hizkia.

Koordinator PPPM tersebut mengatakan akan segera menyurati Kementerian Desa, PDTT RI dan Kementerian Sosial RI terkait transparansi penerimaan bantuan Bansos, BLT Kemensos dan BLT Dana Desa. (rls)

Bagikan!!!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca juga  Veronica Koman Masuk DPO, Polisi Kirim Red Notice ke Interpol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *