Terbaru Covid-19: 1.155 Positif, 59 Sembuh, 102 Meninggal Dunia | Tangan Berperan Banyak Menularkan Virus

Tangan berperan banyak menularkan Covid-19

Jakarta-Jumlah pasien positif virus corona (Covid-19) sejak 27 Maret 2020 hingga 28 Maret 2020 pukul 12.00 WIB bertambah sebanyak 109 kasus. Sehingga total keseluruhan adalah 1.155 kasus.

Pasien sembuh serta diizinkan pulang ke rumah bertambah 13 orang, sehingga total menjadi 59 orang.

Sedangkan laporan kasus meninggal dunia sebanyak 15 orang, total menjadi 102 orang.

Dikatakan Achmad, informasi tersebut diatas menunjukkan bahwa penularan masih terjadi, dan kasus positif masih ada di tengah masyarakat, kontak dekat masih terjadi, mencuci tangan menggunakan sabun belum maksimal. Sehingga dia meminta supaya seluruh elemen masyarakat berperan aktif dalam pemutusan mata rantai virus tersebut.

Salah satu penanganan yang dilakukan pemerintah adalah pemeriksaan cepat.

“Pemeriksaan cepat yang dilakukan bertujuan untuk melihat kemungkinan adanya kontak dekat masyarakat di lingkungan sekitar dengan penderita positif,” ujar Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 ini.

Dirinya juga mengingatkan bagi yang mengisolasi diri dirumah, supaya tetap menjaga jarak dengan anggota keluarga lainnya dan tetap menggunakan masker. Menggunakan alat makan sendiri dan tidak makan pada waktu dan tempat yang sama.

“Tetap di rumah, menjauhi kerumunan, menghindari pertemuan-pertemuan yang melibatkan banyak orang. Ini adalah upaya-upaya dalam isolasi diri yang tepat,” bebernya.

Apabila isolasi diri tidak mampu dilaksanakan, dikatakan Achmad, penderita harus diisolasi di Rumah Sakit.

“Bagi penderita yang dirawat di Rumah Sakit, tentu ada pertimbangan. Bisa jadi karena adanya komplikasi atau adanya faktor penyakit-penyakit lain yang mendahului. Ini menjadi penting untuk melakukan perawatan secara intensif,” pungkasnya.

Banyak Rumah Sakit yang telah berpartisipasi. Bukan hanya rumah sakit pemerintah, bukan hanya Rumah Sakit TNI/ POLRI, BUMN. Tetapi Rumah Sakit Swasta pun banyak yang telah mendedikasikan untuk ikut terlibat dalam perawatan penderita Covid-19 ini.

Lanjut Achmad, data menunjukkan bahwa penularan yang banyak terjadi justru karena peran tangan. Maka kata dia, disamping menjaga jarak dalam kaintannya dengan interaksi sosial, langkah paling efektif adalah mencuci tangan pada air mengalir dan menggunakan sabun. Hal ini dilakukan sebelum makan, sebelum minum, sebelum menyentuh mulut, hidung, dan mata.

Apabila membutuhkan berita yang lebih benar, aktual, dan akurat, silahkan menghubungi call center 119 extend 9, 117, halokemkes, dan beberapa aplikasi online (halodoc, gojek, bukalapak, dan layanan lainnya).

Tidak lupa, Achmad juga mengajak seluruh warga Indonesia untuk tetap mendoakan seluruh penderita Covid-19.

“Kita harus bekerja bersama. Kita semua harus berperan aktif. Pemerintah juga akan bekerja sungguh-sungguh dan sepenuh hati dalam mengatasi Covid-19 ini,” tutupnya.

 

Bagikan!!!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca juga  Tidak Kooperatif, Milenial Indonesia Kuat: Said Didu jangan Jadikan PSBB Sebagai Alasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *