Pesawat Hilang Kontak, India Gagal Menjadi Negara Keempat Mendarat di Bulan

  • Whatsapp
Pesawat antariksa Chandrayaan-2 besutan India
Pesawat antariksa Chandrayaan-2 besutan India

INDNEWS.ID- Misi luar angkasa ke Bulan kali kedua dari India dengan pesawat luar angkasa Chandrayaan 2 berhasil memasuki orbit Bulan, Selasa (20/8). Namun misi ini gagal setelah hilang kontak dengan Indian Space Research Organisation (ISRO), Sabtu (7/9). ISRO menyatakan Vikram hilang kontak beberapa saat sebelum mendarat di Bulan.

Misi ini membawa 13 muatan berisi orbiter, lander, dan rover dengan bobot total seberat 3,8 ton. Ketiga muatan ini dikembangkan sendiri oleh ISRO, seperti dilansir dari cnnindonesia.com.

Bacaan Lainnya

Pesawat luar angkasa tanpa awak ini hampir mendarat di Bulan dengan sisa jarak yang harus ditempuh hanya 2,1 km di atas permukaan Bulan, sebelum dinyatakan hilang kontak.

Sebelumnya, India berupaya menjadi negara keempat setelah Rusia, Amerika Serikat dan China yang mendaratkan pesawat ruang angkasa di Bulan. Alhasil, misi ini meninggalkan kekecewaan untuk seluruh warga India, khususnya para ilmuan yang terlibat dalam proyek tersebut.

Misi Chandrayaan 2 atau Moon Chariot 2 sempat tertunda yang pada akhirnya meluncur dari pelabuhan antariksa India di Sriharikota, Andhra Pradesh pada 22 Juli.

Kailasavadivoo Sivan, Chairman ISRO, mengatakan bahwa pihaknya telah menemukan gambar termal dari lokasi pendaratan Vikram yang dikirimkan oleh pesawat luar angkasa tersebut, dikutip dari media lain.

“Meski begitu, ISRO akan terus berupaya untuk melakukan kontak kembali dengan pesawat tanpa awak tersebut,” tutur Sivan.

Perdana Menteri India, Narendra Modi turut hadir di ruang kendali misi (The Indian Mission Control Centre/INMCC) yang berlokasi di Bangalore, untuk menyaksikan pendaratan bersejarah itu. Narendra Modi berusaha menghibur para ilmuwan tersebut untuk mengurasi rasa kecewa.

Diketahui, India menggelontorkan dana sekitar Rp. 143 juta dolar AS setara dengan Rp. 2 triliun untuk misi Chandrayaan 2 tersebut dan berencana akan mengirim astronot sungguhan pada tahun 2022 mendatang ke Bulan.

Pos terkait