Mamberob Rumakiek: Lembaga Transformasi Papua untuk Membangun Daya Saing Tanah Papua

  • Whatsapp
Mamberob Rumakiek
Foto: Mamberob Rumakiek (Ketua Dewan Penasehat LTP)

Jakarta– Badan Pengurus Pusat Lembaga Transformasi Papua (BPP LTP) hari ini resmi dilantik, Minggu (8/11). Pelantikan dilaksanakan di Taman Mini Indah Indonesia (TMII), tepatnya di Anjungan Papua. Mamberob Rumakiek, S.Theol., M.Kesos. selaku Ketua Dewan Penasehat mengatakan, tujuan dibentuknya lembaga tersebut adalah untuk mempersatukan seluruh potensi warga Papua yang ada di Jakarta. Kemudian bersatu membangun daya saing warga papua.

“Kita kumpulkan potensi-potensi yang ada, untuk membuat perubahan untuk tanah Papua. Tidak hanya dari Jakarta. Tetapi juga dari semua daerah di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Hal itu kata dia, tentu bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Baik dalam bentuk aksi sosial, membuka sekolah, mencari dukungan membangun Papua, memotivasi masyarakat yang ada di Papua, maupun mendorong Pemerintah Daerah untuk lebih gesit lagi membangun tanah Papua.

Kendati dalam keterbatasan, Anggota DPD RI Dapil Papua Barat ini mengatakan, LTP harus tetap optimis untuk melakukan cita-cita demi perubahan Papua.

“Soal letak geografis yang sangat jauh dari ibu kota, itu bukan menjadikan kita untuk pesimis. Justru itu menjadikan semangat baru untuk membangun harapan bagi masyarakat Papua,” kata Mambe, sapaan akbrabnya.

Apalagi untuk para pelajar dan generasi muda, kata Mambe, harus terus berkarya dan berinovasi.

“Kita tunjukkan bahwa Papua hari ini siap untuk menghadapi tantangan globalisasi. Jadi dengan kekuatan potensi itu tadi, kita harus manfaatkan sebaik mungkin. Sehingga kita bisa semakin berdaya saing dan mandiri,” tegas mantan Ketua Umum PP GMKI masa bakti 2008 – 2010 ini.

www.domainesia.com