Kogabwilhan I Kepri untuk Mewujudkan Pertahanan Indonesia

  • Whatsapp
Kogabwilhan I Kepri

Oleh: Rimbun Purba
Tanjungpinang-Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan), dibentukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan. Dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 20 hektar, Markas Kogabwilhan I dibangun di Pulau Dompak, Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri).

Kogabwilhan merupakan Komando Utama Operasi (Kotamaops) TNI yang dipimpin oleh perwira tinggi Laksamana Madya (Laksdya) TNI Yudo Margono dan langsung di bawah Panglima TNI.

Bacaan Lainnya

Satuan baru tersebut bertugas sebagai penindak awal dan pemulih bila terjadi konflik di wilayahnya. Termasuk Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Tugasnya juga penangkal bila terjadi ancaman dari luar dan dalam negeri di wilayahnya. Dan pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan di wilayahnya yang dilaksanakan sesuai dengan kebijakan Panglima.

Posisi geografis Provinsi Kepulauan Riau terbentang dari Selat Malaka sampai dengan laut Natuna Utara, yang berbatasan langsung dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Singapore. Hal ini menjadikan Provinsi Kepulauan Riau memiliki peran strategis dalam lalu lintas perdagangan dunia.

Provinsi Kepri memiliki luas wilayah 251.810 km2. Dimana 96% diantaranya merupakan lautan dan 4% berupa daratan yang dirangkai oleh 2.408 pulau. Dengan garis pantai sepanjang 2.367,6 km.

Pusat-pusat kegiatan di Provinsi Kepulauan Riau dapat dijangkau dari Singapura, dengan jarak tempuh kurang lebih 1 – 2 jam perjalanan menggunakan sarana transportasi laut.

www.domainesia.com

Pos terkait