Kekerasan Berbasis Gender Online Meningkat Selama Pandemi: Apa Kabar RUU PKS?

  • Whatsapp
Kekerasan Seksual Meningkat Selama Pandemi

Opini-Kekerasan seksual adalah setiap tindakan, baik berupa ucapan maupun perbuatan yang dilakukan seseorang untuk menguasai orang lain. Sehingga membuatnya terlibat dalam aktivitas seksual yang tidak diinginkan. Indikator kekerasan seksual sendiri yaitu ketika adanya paksaan, aktivitas seksual, dan kepuasan seksual yang hanya dirasakan oleh satu pihak.

Kekerasan seksual merupakan jenis kekerasan yang dapat terjadi, baik di ruang publik maupun ruang privat. Kekerasan seksual juga merupakan istilah yang menunjuk pada perilaku seksual derivatif atau hubungan yang menyimpang, merugikan pihak korban dan merusak kedamaian di tengah masyarakat.

Bacaan Lainnya

Adanya kekerasan seksual yang terjadi, maka penderitaan bagi korbannya telah menjadi akibat serius yang membutuhkan perhatian (Abdul Wahid dan Muhammad Irfan, 2001)

Data Komnas Perempuan bulan Januari-Mei tahun 2020, menunjukkan adanya kekerasan seksual yang meningkat selama pandemi. Di antaranya adalah kekerasan seksual di ranah personal sebanyak 542 kasus, dan kasus kekerasan seksual di ranah komunitas sebanyak 226 kasus.

Kasus kekerasan seksual yang paling banyak diadukan adalah Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO), baik yang dilakukan oleh orang dikenal, bahkan orang yang tidak dikenal dengan berbagai macam bentuk kekerasan. Di antaranya ancaman penyebaran foto dan video bernuansa seksual, mengirimkan atau mempertontonkan video bernuansa seksual, eksibionis, hingga eksploitasi seksual.

Selama physical distancing diberlakukan, rata-rata laporan KBGO yang diterima Komnas Perempuan berupa kiriman gambar atau video bernuansa seksual. Kiriman ini disampaikan melalui pesan langsung kepada korban di Instagram atau Twitter dari pelaku. Akun yang digunakan pun adalah akun palsu.

www.domainesia.com

Pos terkait