Karikatur Nabi Muhammad Oleh Majalah Charlie Hebdo, GAMKI Ajak Pimpinan Dunia Lakukan Dialog Rutin

  • Whatsapp
GAMKI Karikatur Nabi Muhammad
Foto: Ketua DPP GAMKI Bidang Diplomasi dan Kerjasama Internasional Ruben Frangky Oratmangun dan Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat MP Sinurat menyampaikan solidaritas dan dukungan kepada Pemerintah Palestina yang diwakilkan oleh Wakil Duta Besar Palestina untuk Indonesia Taher Ibrahim Abdullah Ahmad bertempat di Kedubes Palestina, Jakarta (5/2/2020).

Menurut Ruben, kebebasan berekspresi yang ada di Prancis merupakan salah satu prinsip dasar liberte yang dianut oleh Prancis selama ratusan tahun. Pasca Renaissance, Reformasi Gereja, dan Revolusi Prancis, Prancis telah menganut sistem yang memisahkan hubungan agama dan negara. Sehingga kebebasan berekspresi yang diakui oleh negara salah satunya adalah kebebasan berekspresi mengenai agama.

“Namun dengan perkembangan peradaban saat ini, di mana penduduk negara-negara dunia semakin beragam baik etnis, agama, dan golongan, kebebasan berekspresi dalam konteks kemajemukan perlu dipertimbangkan matang dan dilakukan secara bijaksana. Sehingga tidak menimbulkan polemik di tengah masyarakat seperti yang terjadi beberapa minggu ini,” jelas Ruben yang sewaktu menjadi Pengurus  Pusat GMKI, pernah mengadakan kegiatan International Interfaith Dialogue dan Global Christian Youth Conference di Indonesia pada tahun 2017 lalu.

Bacaan Lainnya

Ruben pun menyayangkan, tindakan pembunuhan yang dilakukan terhadap guru sejarah Prancis, serangan di Gereja Notre-Dame Basillica, Nice, Prancis, penembakan terhadap seorang pendeta di Lyon, Prancis, serangan di Wina, Austria, serta aksi peletakan kepala babi di Masjid Compiegne, Prancis Utara.

“Tindakan yang dilakukan sangat bertentangan dengan ajaran agama manapun, yang mengajarkan tentang cinta kasih dan perdamaian. Apalagi merengut nyawa orang-orang yang tidak berkaitan dengan persoalan ini,” ucap Ruben yang juga aktif bertahun-tahun dalam aksi solidaritas perjuangan kemerdekaan Palestina ini.

Menurut Ruben, ketegangan, konflik, ataupun perbedaan pandangan seharusnya dapat diselesaikan melalui dialog. Bukan dengan cara kekerasan dan intoleran.

Dalam keterangan pers yang sama, Sekretaris Umum DPP GAMKI, Sahat Martin Philip Sinurat meminta para pemimpin negara, tokoh-tokoh dunia, serta pemimpin-pemimpin agama di manca negara untuk bisa membangun narasi damai dalam menyelesaikan ketegangan yang saat ini sedang terjadi.

www.domainesia.com

Pos terkait