Jelang Pilkada Serentak, Bawaslu Mamuju Tengah Ajak Masyarakat Ikut Mengawasi

  • Whatsapp
Bawaslu Mamuju Tengah
Foto: Elmansyah (Ketua Bawaslu Mamuju Tengah) saat mengisi webinar tentang kepemiluan, Minggu (15/11)

Mamuju- Proses pilkada serentak akan memasuki tahapan pungut hitung pada 9 Desember 2020 mendatang. Tetapi proses pengawasan tetap menjadi bagian penting dalam tahapan pilkada. Diungkapkan Elmansyah yang merupakan Ketua Bawaslu Mamuju Tengah, terjadi ketidakseimbangan jumlah pengawas dan objek yang diawasi. Sehingga sangat dibutuhkan keaktifan masyarakat dan generasi milenial, untuk ikut berkontribusi di dalam proses pengawasan partisipatif.

Hal ini dikatakan dia dalam webinar kepemiluan, dengan bertemakan “Gotong Royong Generasi Milenial Sukseskan Pilkada Serentak Melaluli Pengawasan Partisipatif”, Minggu (15/11).

Bacaan Lainnya

Selain itu, ia membeberkan, bahwa terdapat beberapa platform digital yang juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memudahkan proses pengawasan. Seperti Gowaslu dan SIPP (Sistem Informasi Pengawasan Partisipatif) Bawaslu Mamuju Tengah kedua platform tersebut dapat didownload melalui playstore.

Syahrul Lamba (Waketum PP IPNU) yang juga hadir dalam webinar tersebut mengingatkan generasi milenial untuk tidak apatis terhadap proses demokrasi elektoral. Mengingat produk dari suksesi tersebut berpengaruh besar terhadap kepentingan milenial.

“Pilkada akan menghasilkan suasana yang baru. Dan harapannya bahwa suasana baru itu mengakomodir kepentingan milenial dalam hal akses pendidikan, maupun membuka ruang kreativitas mereka,” ungkap Syahrul.

Sementara itu, Pasa Maraya (Korwil VIII PP GMKI) mengatakan, tipikal milenial yang agresif dan idealis sangat memungkinkan kerja-kerja pengawasan partisipatif di tengah masyarakat.

“Milenial harus menjadi pemilih yang cerdas dan aktif melakukan gerakan moral dan sosial,” pungkasnya.

Webinar kepemiluan ini diinisiasi oleh Alumni SKPP Nasional Angkatan III Gelombang II bersama Bawaslu Mamuju Tengah.

www.domainesia.com

Pos terkait