Dukung Pertanian Masyarakat, Santri dan Pemuda Gereja di Pekanbaru Rencanakan Nota Kesepahaman

  • Whatsapp
Santri dan Pemuda Gereja
Foto: Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat, ST., MT bersama rombongan saat berkunjung berkunjungan ke kampung Riau Agrowisata (RA) di Jalan Mawar, Palas, Pekanbaru, Senin (9/11).

Pekanbaru- Santri dan Pemuda Gereja di Pekanbaru rencanakan nota kesepahaman menyangkut ketahanan pangan dan pemberdayaan masyarakat berbasis pertanian di Riau.

Hal tersebut direncanakan oleh Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat, ST., MT bersama pendiri Riau Agrowisata yang juga merupakan Ketua Umum DPP Santri Tani Indonesia, T. Rusli Ahmad.

Bacaan Lainnya

Nota kesepahaman pun dibahas saat rombongan Sahat Sinurat berkunjungan ke kampung Riau Agrowisata (RA) di Jalan Mawar, Palas, Pekanbaru, Senin (9/11).

“Keberadaan kampung Riau Agrowisata ini merupakan salah satu kerja konkret dalam manifestasi kedaulatan pangan. Konsepnya begitu detil dan kompleks, menyangkut dimensi pertanian yang holistik. Ini perlu mendapat dukungan dari segenap stakeholder. Dan bisa menjadi percontohan untuk daerah-daerah lainnya,” kata Sahat Sinurat yang merupakan putra kelahiran Pekanbaru ini.

Rusli Ahmad dalam kesempatan tersebut mengutarakan, konsep Riau Agrowisata adalah pola pengembangan pertanian berbasis perikanan, peternakan, dan tanaman yang dipadu dengan spirit kepariwisataan. Ketiga sub sektor pertanian tersebut dapat memenuhi kebutuhan pokok (pangan) masyarakat.

“Di dalamnya ada pemberdayaan dan pelibatan masyarakat pemilik lahan serta warga sekitar. Jadi, lahan-lahan tidak produktif dapat dikelola untuk kegiatan pertanian. Kita akan mendorong penyediaan bibit dan pengolahan,” kata Rusli yang juga merupakan Ketua Pengurus Wilayah Nadhlatul Ulama Provinsi Riau.

www.domainesia.com

Pos terkait