Dapur Umum GAMKI Siapkan Nasi Bungkus Gratis Untuk Warga Terdampak Corona

Foto: Tim Dapur Umum GAMKI saat membagikan nasi bungkus di jalanan

Jakarta-Pandemi Covid-19 tidak hanya menganggu kesehatan manusia, namun juga memberikan dampak terhadap perekonomian, termasuk kemampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Untuk membantu meringankan beban dari warga yang terdampak Covid-19, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) melalui Satgas Brisena Krisis Covid-19 bekerjasama dengan Corona Crisis Center Pemuda Indonesia (CCCPI) membentuk Dapur Umum untuk menyediakan nasi bungkus kepada warga yang membutuhkan, terkhusus pemulung dan pekerja informal di jalanan. Pernyataan ini disampaikan Koordinator Dapur Umum GAMKI Untuk Indonesia Sehat Dari Covid-19, Dodisutarma Lapihu di Jakarta, Jumat (15/5).

“DPP GAMKI berinisiatif untuk melakukan aksi solidaritas nasional dengan membangun dapur umum dan melakukan pembagian makanan berupa nasi bungkus kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Kami akan menyediakan nasi bungkus secara rutin selama masa pandemi ini. Semoga kuantitasnya bisa semakin banyak,” jelas Dodi yang juga merupakan Ketua DPP GAMKI Bidang Pembangunan Sumber Daya Manusia.

Dia mengatakan, Dapur Umum dapat berjalan karena dukungan dari para senior dan donatur yang ingin berbagi untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Wabah Covid-19 memberikan dampak negatif bagi kita semua. Maka kita harus bergotong-royong untuk meringankan beban kita masing-masing, sembari tetap optimis, Indonesia akan sehat dari Covid-19,” tegasnya.

Rienova Serry Donie, salah seorang Relawan GAMKI mengatakan bahwa para relawan telah melakukan pembagian nasi bungkus di beberapa titik yakni Tugu Tani, Cik Ditiro, Gambir, Salemba, Manggarai, dan Matraman.

“Yang kami lakukan masih sangat kecil dan belum seberapa dibandingkan dengan apa yang dilakukan oleh teman-teman lainnya. Namun kami tidak ingin diam dan hanya berpangku tangan. Kita harus bergotong-royong dan bertolong-tolongan meringankan beban tanpa membeda-bedakan suku, agama, dan golongan,” tegas Nova yang juga merupakan Sekretaris DPP GAMKI Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Di tempat terpisah, Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat menyampaikan bahwa pembentukan Dapur Umum ini adalah salah satu program dari empat aksi solidaritas GAMKI bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

“GAMKI meluncurkan empat aksi solidaritas untuk Indonesia Sehat Dari Covid-19. Aksi ini antara lain, pembagian sembako, dapur umum, layanan konseling, dan relawan pemuda untuk desa siaga Covid-19,” jelas Sahat.

Sahat menjelaskan bahwa empat aksi solidaritas ini telah dihimbau untuk dilaksanakan juga oleh DPD dan DPC GAMKI di seluruh Indonesia.

“Kita harus optimis, bergerak, dan bersolidaritas, dimulai dari diri kita dan organisasi kita sendiri. Semoga kita semua selalu sehat dan tetap optimis, Indonesia akan sehat dari Covid-19,” pungkasnya.

Bagikan!!!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca juga  GMKI Siantar: Perempuan Indonesia belum Merdeka 100%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *